Kamis, 14 Desember 2017

Puasa Senin Kamis Beserta Manfaatnya | Amalan LDII

Puasa adalah salah satu jenis ibadah yang sangat dianjurkan dala agama islam. Nabi SAW mengajarkan umatnya untuk berpuasa. Dalam Hal ini, secara umum, puasa dibagi menjadi dua, yakni puasa wajib dan juga puasa sunnah. Contoh puasa wajib yang harus dijalankan adalah puasa Ramadhan. Puasa sunnah memiliki macam yang lebih banyak. Salah satu puasa sunnah yang cukup dianjurkan adalah puasa senin kamis. Keutamaan Puasa Senin kamis dan Manfaatnya mengenai puasa ini, Aisyah RA berkata,: " Adalah nabi SAW memperbanyak puasa pada hari senin dan kamis," (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasai, dan Ibnu Majah. Hadist ini disahkan Al-Albani)

Dari Hadist tersebut, kita bisa melihat bahwa senin dan kamis adalah salah satu waktu favorit Nabi SAW untuk Berpuasa. Lantas, apa saja Keutamaan yang dimiliki oleh puasa senin kamis ? Simak beberapa penjelasan dibawah Ini.

manfaat puasa senin kamis


Keutamaan Pusa Senin Kami dan Manfaatnya


Ada beberapa keutamaan puasa senin kamis yang sebaiknya anda ketahui. Dengan Megetahui beberapa keutamaan yang ada, akan ada lecutan semangat menjalankan puasa sunnah yang satu ini. Adapun keutamaan puasa hari senin dan kamis yang pertama adalah waktu tersebut merupakan saat dimana pintu-pintu surga dibuka. Jadi Puasa Senin Kamis Juga merupakan Amalan andalan Dalam Islam.

Dalam Hal ini, Rasululloh bersabda, yang artinya, "Pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, "Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Musllim)

Dari Hadist ini kita bisa bisa mengetahui bahwa menyambut hari dibukanya pintu-pintu surga merupaka salah satu hal utama yang sebaiknya dilakukan oleh mereka yang beragama Islam. Keutamaan puasa dihari senin dan kamis yang kedua adalah hari senin dan kamis merupkana waktu dimana amal diangkat dan juga diperiksa dihadapan Allah SWT. Dalam Hal ini, Nabi SAW bersabda, "amal-amal manusia diperiksa dihadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu'ah) dua kali, yaitu pada hari senin dan kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan.." (HR.Muslim)

Dari Hadist Tersebut, tampak jelas bahwa puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunnah yang utama dimana merupakan waktu khusus terkait pencatatan amal dan Nabi SAW lebih menyukai dihitung amalnya dalam keadaan berpuasa.

Manfaat Puasa Hari Senin dan Kamis


Dari beberapa penjelasan diatas, kita bisa melihat beberapa keutamaan dari puasa senin kamis yang dapat menjadi pelecut bagi kita untuk bisa mendapatkan tambahan pahala dari puasa sunnah. Selain beberapa keutamaan, kita juga akan membahas manfaat dari puasa sunnah tersebut. Apa saja manfaat dari puasa ini?

Manfaat pertama dari puasa Senin Kamis adalah puasa ini dapat menjadi perisai dari kejiwaan seorang Hamba. Dengan Rajin berpuasa, maka seorang hamba akan cenderung lebih mudah untuk bersabar, menjaga diri, meredam hawa nafsu dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, salah satu sebab kenapa Nabi SAW sangat menyukai puasa sunnah, khususnya puasa hari senin dan kamis adalaha untuk melatih kedisiplinan. Dalam hal ini, dengan melakukan puasa sunnah maka seorang hamba akan menjadi lebih berdisiplin dalan segala halkarena ia akan mawas diri dan merasa diawasi ketika melakukan sesuatu. Dengan segala hal utama yang ada, puasa senin kamis merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu, kiranya sobat cahaya Islam dapat memanfaatkan waktu senin dan kamis untuk menjalankan ibadah puasa.

Related Posts

Puasa Senin Kamis Beserta Manfaatnya | Amalan LDII
4/ 5
Oleh