Minggu, 17 Desember 2017

Amalan Sunnah Harian Yang Mudah Dilakukan

Teman-teman semua yang dicintai Allah, hari ini saya akan menulis sesuatu tentang amalan sunnah harian yang berpengaruh besar terhadap kehidupan kita. Dan memiliki kemanfaatan yang luar biasa bagi kita. Amalan sunnah muslim yang sangat dianjurkan untuk kita amalkan setiap harinya. Amalan harian ini merupaka kebiasaan nabi kita yaitu Rosulullah SAW. Ada beberapa amalan sunnah harian sederhana ini sangat penting untuk kita lakukan secara konsisten dan isqiqomah, agar nantinya dapat membentuk karakter sikap / Akhlak dan kepribadian kita. Mengapa demikian? Sebuah penelitian yang dilakukan seorang ahli bedah plastik tahun 1960, menghasilkan sebuah temuan tentang adaptasi seseorang terhadap perubahan atau perilaku baru.

Berdasarkan hasil observasi / pengamatan dari beberapa pasien-pasiennya yang telah mengalami operasi amputasi pada beberapa bagian tubuh tertentu dari tubuhnya, ditemukan sebuah fakta bahwa manusia memerlukan waktu sekitar tiga minggu untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan-perubahan atau hidupnya. Maka beberapa amlan-amalan ini sangat dianjurkan oleh Nabi kita. Dengan kita mengamalkan amalan sederhana ini secara rutin selama kira-kira satu bulan, Insyaallah akan bisa menyatu serta melebur dosa dalam keseharian kita, tanpa menjadi beban lagi. Harapannya tentu saja amlan-amalan tersebut akan menjadi kebiasaan baru yang sulit dipisahkan dan ditinggalkan.




amalan sunnah harian yang mudah dilakukan


Teman-teman, kecerdasan seorang yang beriman ditentukan oleh seberapa mampu ia memanfaatkan kehidupannya yang hanya sekejap ini, untuk mempersiapkan bekal menghadapi kehidupan sesungguhnya yang sangat panjang bahkan tanpa batsan/abadi. Kehidupan sesungghnya bukanlah kehidupan yang saat ini sedangkita jalani. Akan tetapi kehidupan sesungguhnya adalah kehidupan setelah kematian nanti. Kematian bukanlah sesuatu yang harus kita takuti, akan tetapi justru sesuatu yang harusnya kita rindukan karena kematianlah pintu awal kita untuk dapat bertemu dengan Allah, Oleh karena itu kita harus mempunyai bekal yang banyak untuk kematian itu dengan sebaik-baiknya.

Berikut merupakan Amalan harian yang sangat dianjurkan oleh Rosululloh terhadap Umatnya


Sholat Tahajud

Keistiqomahan seorang mukmin menjalankan ibadah sunnah sholat tahajud menentukan kemuliannya sebagaimana firman Allah SWT pada Al-Quran surat Al-Isra ayat 79 yang artinya : "Dan dari sebagian malam hendaklah engkau bangun (tahajud), sebagai amalan tambahan untukmu. Semoga tuhanmu mengangkat (derajatmu) ke tempat yang terpuji" [QS Al-Isra:79]

Begitupula sabda Rosulullah SAW yang Artinya : "Sholat yang paling utama setelah sholat 5 waktu adalah Qiyammul lail" [HR Muslim].
Hadist Qudsi dari Ibnu Arabi : ketika Allah turun kelagit dunia pada 1/3 malam, Allah SWT Berfirman "Sungguh berdusta orang yang menyatakan mencintaiku, sementara ia tidur lelap dan lali kepadaku...."

Membaca Al-Quran Sebelum Terbit Matahari

Al-Quran adalah Kitabullah, yang merupakan petunjuk keselamatan dan kebaikan bagi umat Islam dalam mengarungi kehidupan dunia. Sebuah perilaku yang sangat layak apanila setiap bangun tidur sebelum melakukan kesibukan pada hari itu, sempatkanlah untuk membaca Alquran dan memahaminya.
Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
Alquran adalah kitabullah yang berisi sejarah umat sebelum kaum, berita umat sesudahmu, kita yang memutuskan urusan-urusan diatara kamu, yang nilainya bersifat pasti. Siapa saja orang durhaka yang meninggalkan pasti Allah akan memusuhinya. Siap yang mencari petunjuk selain dari Al-Quran, pasti akan tersesat. Alquran adalah tali Allah yang sangat kuat, peringatan yang bijaksana dan jalan yang lurus [HR Tirmidzi]

Bahkan Nabi menyindir umatnya yang jarang menyentuh dan membaca Al-Quran dalam hadist yang artinya : "Sungguh orang yang dalam hatinya tidak terdapat sesuatu pun di Al-Quran, bagaikan rumah setan yang menyeramkan"

Sholat Sunnah Dhuha
Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan bagi yang rutin mengamalkannya. Salah satu keutamaan itu adalah dapat melancarkan terbukanya pintu-pintu rezeki. Tidak hanya itu, sholat dhuha juga memiliki keutamaan lain yang sangat luar biasa, diantaranya mendapatkan pahala seperti orang berhaji dan umrah yang sempurna, dimudahkannya dan dicukupinya segala urusan hingga akhir siang, dan lain sebagainya.

Masyaallah, sungguh luar bisa keutamaan sholat sunnah dhuha ini, sangat disayangkan bagi kita umat islam jika tidak rutin menjalankan ibadah sunnah yang satu ini. Oleh karena itu mulai sekarang jangan ragu-ragu dan malas lagi untuk menunakan shola sunnah dhuha. Insyaallah keberkahan dan kelancaran rizeki akan menghampiri kehidupan kita. Amiin

Sedekah / Infak

Allah sangat menyukai hamba-hambanya yang sebang bersedekah, begitu pula dengan malaikat Allah senantiasa selalu mendoakan orang-orang yang senang bersedekah setiap hari. Dalam bersedekah tidak ada batasan kepada siapa sedekah diberikan, dalam bentuk apa sedekah diberikan, maupun besaran itu diberikan. Tapi tahukah kamu kalau ada beberapa hala yang lebih utama jika dilakukan dalam bersedekah? Berikut sedekah yang paling utama yang kami rangkum:

1. Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah adalah sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya kebaikan itu masih terus dirasakan hingga orang yang sedekah tersebut meninggal dunia, maksudnya orangsedekah tersebut tetap mendapat aliran Pahala walaupun dia sudah meninggal

2. Sedekah yang sembunyi-sembunyi

Kita dianjurkan untuk tidak pamer (riya) dengan semua bentuk ibadah yang kita lakukan, terututama sedekah. Selain itu Allah juga menegaskan Firmannya dalanm Surat Al-Baqarah ayat 264 bagi orang yang memamerkan amalan sedekahnya, Allah Berfirman " Hai orang-orang beriman, janganlah kamu menghilangan (Pahala) sedekahnmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti perasaan (si penerima)

3. Sedekah Kepada Kerabat
Sebagai manusia, sepatutnya kita tidak memilih-milih kepada siapa kita bersedekah. Namun, ada baiknya kita mengedepankan orang terdekat yang terkena musibah untuk kita bantu.

Demikianlah paparan yang bisa sarikan dari berbagai sumber di internet tentang Amalan Sunnah Harian yang dapat kita jalankan sebagai amalan-amalan seorang muslim. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunianya kepada kita, agar mampu untuk mengikuti sunnah nabi Muhammad SAW, Hingga ajal kita menjemput. Harapan kita tentunya agar kita diberikan akhir hidup yang baik, khusnul khotimah dalam ketaatan kepadanya semoga Allah SWT maha mendengarjan dan maha Mengabulkan semua doa-doa Ra robbal Alamin.

Related Posts

Amalan Sunnah Harian Yang Mudah Dilakukan
4/ 5
Oleh