Selasa, 12 Desember 2017

Praktek Melaksanakan Sholat Tahajud | Amalan LDII

Praktek melaksanakan Sholat tahajud 1/3 malam


Umat nabi Muhammad memiliki banyak sekali peluang , Peluang untuk meningkatkan derajat nya masuk kedalam surga, tidak hanya sebatas melaksanakan ibadah adalah diperintahkan oleh Alloh SWT, namun juga melaksanakan sunnah yang dikerjakan rosululloh. Rosul banyak mengajarkan amalan yang dapat mendatangkan pahala dengan praktek yang sangat mudah. Suatu Amalan yang menjadi kebiasaan nabi salah satunya ialah  melaksanakn sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam dikala banyak orang sedang tidur. Walaupun nabi Muhammad SAW telah dijamin surga, namun beliau menjadikan sholat Tahajud sebagai amalan Yang selalu dikerjakan sepanjang Hidupnya.

MANFAAT SHOLAT TAHAJUD


Banyak sekali manfaat yang kan kita dapatkan jika kita merutinkan melaksanakan sholat tahajud. Alloh SWT akan menghapus segala keburukan dan mencegah perbuatan dosa. Dalam ilmu kesehatan, sholat malam ini sebagai penjaga kesehatan dan dapat menangkal segala penyakit, wajah mereka akan terlihat tampan dan cantik disisiang harinya, yang terpenting lagi adalah orang tersebut akan berada ditman surga yang memiliki mata air yang nikmat.

ALLOH SWT : " Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada didalam taman-taman surga dan dimata air-mata air, seraya mengambil apa yang Alloh berikan kepada mereka sebelumny mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (didunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan akhir malam mereka memohon ampun kepada Alloh" (QS. Az Zariyat: 15-18)

Waktu Sholat Tahajud


Sholat tahajud dapat dikerjakan sejak ba'daisya hingga fajar subuh tiba. Namun dalam waktu GMT + 7 Indonesia terbagi menjadi 3 bagian yaitu 1/3 malam pertama kepada Rosululloh sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini. Kira-kira pada pukul 19.00-22.00, 1/3 malam kedua yaitu kira-kira antara pukul 22.00-01.00, dan 1/3 malam terakhir pada 02.00 sampai masuk waktu sholat subuh.

Dari ketiga waktu yang disebutkan yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud yaitu pada 1/3 malam yang akhir. Disisi itu merupakan waktu dimana ALLOH SWT turun kelangit dunia sembari berfirman kepada manusia (ghoib) : Anna Malik, Anna Malik, Ud'unni Astajib'lakum (saya raja, saya raja, berdoalah kalian maka akan aku kabulkan). Dengan demikian 1/3 malam juga merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Dalam Hadist Riwayat Ahmad dijelaskan bahwa ada seseorang sahabat Abu Muslim bertanya kepada Abu Dzar mengenai kapan waktu yang baik untuk melaksanakan Sholat Malam? Kemudian Abu Dzar menjawab bahwa dirinya telah bertnya langsung kepada Rosululloh SAW " aku telah bertanya kepada nabi dan nabi bersabda: Perut malam yang masih tinggal adalah 1/3 yang akhir Sayangnya sedikit sekali orang yang melaksanakannya" (HR Ahmad)

Praktek Sholat Tahajud:


  • Membaca Niat dalam hati
  • Takbir, Takbirotul ikhrom
  • Al-Fatihah+ surat yang dihafal
  • Rukuk
  • I'tidal
  • Sujud
  • Duduk Antara dua sujud kemudian berdiri
  • Lakukan sama seperti rokaat pertama
  • Dalam rakaat kedua tahiyat akhir 

Berapa Jumlah rokaat sholat tahajud? sholat tahajud dikerjakan tanpa batas mulai dari 2 rokaat, 4 rokaat dst. Namun yang banyak dipraktekkan yaitu 2 rakaat salam, 2 rakaat salam kemudian ditutup dengan sholat witir. | Disunnahkan dikerjakan dirumah masing-masing.

Kemudian Kita dapat berdoa, urutannya:

1. Memuji ALLOH
2. Mohon ampun
3. Doa yang kita inginkan

Alloh berfirman, " Dan hamba-hamba tuhan yang Maha penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan diatas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka". (QS. Al-Furqon: 63-64).

Masih banyak sekali amalan-amalan LDII lainnya, cara sholat yang benar, pengajian, sampai cara berpakaian akan di ulas sampai tuntas.

Related Posts

Praktek Melaksanakan Sholat Tahajud | Amalan LDII
4/ 5
Oleh